Honda Civic
Honda
Civic
|
|
Masa
dalam produksi
|
1972-kini
|
Subkompak (1972-2000)
Mobil kompak (2001-kini) |
Honda Civic adalah mobil yang
diproduksi oleh Honda Motor Co. Pertama kali diperkenalkan pada Juli 1972 sebagai coupe 2
pintu, diikuti dengan versi hatchback 3 pintu pada September tahun itu juga. Mobil
ini menganut sistem gerak roda depan, di mana mesinnya diletakan melintang,
sehingga dapat menyediakan ruang interior yang cukup luas walaupun dimensi
mobil terbilang kecil.
Definisi Civic
Menurut kamus Webster, kata Civic berarti
"sesuatu yang berhubungan dengan penduduk, kota, dan hubungan antar
penduduk". Dan karena itulah Honda Civic memulai debut pertamanya di dunia
pada tahun 1972.Dengan semangat nama yang diusungnya maka, Honda mewujudkan
"mobil untuk semua orang" dan "mobil untuk dunia". Sejak
saat itu Civic selalu menjadi mobil yang selalu mempunyai sesuatu yang lebih
dari mobil sekelasnya dan selalu membawa fungsi nilai ke tingkatan yang lebih
maju dan setelah 33 tahun berlalu sejak diluncurkan, Civic rata-rata terjual ke
160 bangsa dan negara di seluruh dunia.
Generasi pertama (1973-1979)
1978-79 Honda Civic
Generasi pertama Honda Civic diluncurkan 1972 dan mulai dijual tahun 1973.
Bermodalkan mesin 1.2L 4 segaris, mobil ini didesain untuk
melawan mobil-mobil kompak Amerika saat itu. Mobil ini sangat populer karena
ada krisis minyak mentah tahun 1973 saat itu.
Versi mesin CVCC diluncurkan
1975 dengan kapasitas 1.5L 53 hp. Mesin ini mempunyai pembakaran yang lebih
efisien tidak memerlukan catalic converter dan bahan bakar bebas timbal untuk
memenuhi kebutuhan emisinya. Di negara bagian California, Amerika Serikat, hanya versi CVCC saja yang dijual
karena standar emisi yang tinggi.[1]
Generasi kedua
(1980-1983)
Civic 3-door
Generasi kedua Honda Civic diperkenalkan 1980. Bentuknya lebih besar dan
lebih membulat dari pendahulunya. Semua mesin Civic generasi kedua sudah
menggunakan mesin CVCC dengan
penambahan katup ketiga pada tiap silindernya. Menggunakan mesin 1335 cc
bertenaga 55 hp (41 kW) dan mesin 1500 cc bertenaga 67 hp (50 kW). Ditawarkan
tiga macam transmisi yaitu transmisi manual 4 kecepatan dan 5 kecepatan, serta 1 transmisi semi otomatis.[2]
Generasi ketiga
(1984-1987)
Honda Civic generasi
ketiga untuk spek Eropa
Generasi ketiga diluncurkan 1984. Menggunakan mesin 4 silinder seri D 1500
cc dengan CVCC. Di Jepang
tahun 1984 diluncurkan pula Honda Civic Si dengan
mesin yang lebih bertenaga, juga perbaikan pada suspensi dan mesin 1.6L DOHC bertenaga
130 ps. Versi 4WD juga tersedia saat itu.
Generasi keempat
(1988-1991)
untuk tahun 1988 Civic didesain ulang dengan peningkatan dimensi dan garis
kap mesin yang lebih rendah. Berbagai macam model dan trim level yang
ditawarkan untuk berbagai pasar di seluruh dunia. Yang paling menonjol yang
meliputi Pasar jepang Sir, Eropa VTI (baik menampilkan baru B16A mesin VTEC DOHC), Inggris /
Eropa 1.6i-16 (DOHC D16A9
mesin) dan Selandia Baru pasar GTi (menampilkan interior kulit penuh dan versi
disetel dari mesin D16A7 sukses SOHC). Semua model US berfitur injeksi bahan
bakar elektronik, tetapi model berkarburator masih tersedia di tempat lain.
Generasi keempat melihat pengenalan suspensi belakang sepenuhnya independen di
berbagai model keseluruhan. Selain itu, Honda CRX terus menjadi bagian dari
keluarga yang termasuk Civic HF, DX, dan Si model di Amerika Serikat
Civic di Indonesia
Honda Civic di Indonesia terkenal sebagai mobil sedan 4 atau 3 pintu, yang
menawarkan performa, handling yang tajam dan kenyamanan khas Honda. Dan telah
mendapatkan tempat tersendiri di hati para fanatik dan pecinta Honda.
Kebanyakan pengemudi Civic adalah, para remaja, orang yang menginginkan mobil
dengan brand image kuat dan kencang yang telah tertanam sejak dulu pada image
Civic. Belum lagi para modifikator nasional yang menuangkan kreasinya di Civic
untuk membuat mobil ini makin mengena di hatinya dan tidak jarang menarik
perhatian orang-orang di sekitarnya untuk memuji dan menikmati hasil para
modifikator nasional. Ditambahnya para pecinta kecepatan nasional yang mengerti
potensi mesin Civic dalam hal kecepatan, karena mereka dapat mengganti part-part mesin original dengan part
aftermarket yang tersedia di pasaran yang didesain khusus untuk Civic
untuk meningkatkan potensi performa Civic mereka dalam balapan mobil
legal/ilegal.[3]
Untuk di Indonesia:
·
Generasi pertama dari
Honda Civic disebut sebagai Honda Civic Koper
·
Generasi kedua
disebut sebagai Honda Civic Excellent
·
Generasi ketiga biasa
disebut Honda Civic Wonder. Yang masuk ke Indonesia ada 2 model, sedan 4 pintu
dan hatchback 2 pintu.
·
Generasi keempat
biasa disebut Honda Grand Civic. Ada Grand Civic LX untuk sedan 4 pintunya dan
Honda Civic Nova untuk yang hatchback 2 pintunya.
·
Generasi kelima biasa
ada 2 nama yaitu Honda Civic Genio untuk sedan 4 pintu dan Honda Civic Estillo
untuk hatchback 2 pintu nya.
·
Generasi keenam yang
dijual di Indonesia hanya yang sedan 4 pintu yaitu Honda Civic Ferio.
·
Generasi ketujuh
VTi-s 4 pintu
·
Dan kedelapan FD-1
juga model sedan 4 pintu dengan type 1.8 2.0 atau type R (White Racing Edition)
Courtesy based on:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar