1. Jelaskan bagaimana peranan
jaringan komputer baik
yang menggunakan kabel maupun tanpa kabel dalam penyebarluasan layanan
telematika! Berikan contohnya!
Secara umum, jaringan komputer mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengankomputer yang berdiri sendiri dan
dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologiinformasi modern selalu memiliki
keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang
teknologi.
a. Jaringan komputer memungkinkan
manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna dapat saling
berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer
kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak
jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk
jumlah pengguna sama.
b. Jaringan komputer membantu
mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan
data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses
data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu
sedang diproses.
c. Jaringan komputer membantu mempercepat proses
berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat
dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
d. Jaringan komputer memungkinkan
kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan
elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, disamping sistem
penjadwalan, pemantauan proyek, konferensi online dan groupware, dimana
semuanya membantu team bekerja lebih
produktif.
e. komputer membantu usaha dalam melayani klien
mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan
karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung
berkomunikasi dengan pemasok.
2. Bagaimana mencegah
gangguan-gangguan yang akan muncul pada jaringan komputer sebagai sarana
penunjang layanan telematika! Berikan contoh gangguan yang ada pada layanan
telematika!
Jaringan
Komputer sangat penting dilakukan untuk memonitor akses
jaringan dan mencegah penyalahgunaan sumber daya jaringan yang tidak sah. Tugas
keamanan jaringan dikontrol oleh administrator jaringan.
Serangan (gangguan) terhadap
keamanan dapat dikategorikan dalam empat kategori utama :
a. Interruption Suatu aset dari suatu
sistem diserang sehingga menjadi tidak tersedia atau tidak dapat dipakai oleh
yang berwenang. Contohnya adalah perusakan/modifikasi terhadap piranti keras
atau saluran jaringan.
b. Suatu pihak yang tidak berwenang mendapatkan
akses pada suatu aset. Pihak yang dimaksud bisa berupa orang, program, atau
sistem yang lain. Contohnya adalah penyadapan terhadap data dalam suatu
jaringan.
c. Modification Suatu pihak yang tidak berwenang
dapat melakukan perubahan terhadap suatu aset. Contohnya adalah perubahan nilai
pada file data, modifikasi program sehingga berjalan dengan tidak semestinya,
dan modifikasi pesan yang sedang ditransmisikan dalam jaringan.
d. Fabrication Suatu pihak yang tidak berwenang
menyisipkan objek palsu ke dalam sistem. Contohnya adalah pengiriman pesan
palsu kepada orang lain.
Untuk mencegah serangan / gangguan, segi-segi keamanan
yang dapat dilakukan :
a. Confidentiality Mensyaratkan bahwa
informasi (data) hanya bisa diakses oleh pihak yang memiliki wewenang.
b. Mensyaratkan bahwa informasi hanya dapat
diubah oleh pihak yang memiliki wewenang.
c. Availability Mensyaratkan bahwa informasi tersedia
untuk pihak yang memiliki wewenang ketika dibutuhkan.
d. Mensyaratkan bahwa pengirim suatu informasi
dapat diidentifikasi dengan benar dan ada jaminan bahwa identitas yang didapat
tidak palsu.
e. Nonrepudiation Mensyaratkan bahwa baik
pengirim maupun penerima informasi tidak dapat menyangkal pengiriman dan
penerimaan pesan.
3. Jelaskan fasilitas-fasilitas
apa saja yang diperlukan guna menunjang layanan telematika yang berhubungan
dengan jaringan komputer!
a. Penyelenggaraan Fasilitas Jaringan
Telematika adalah kegiatan penyediaan fasilitas jaringan telematika meliputi
keseluruhan fasilitas dan elemen jaringan (misalnya stasiun bumi, kabel serat
optik, saluran telekomunikasi dan sentral switching, perangkat transmisi komunikasi
radio, BTS, dan menara transmisi) sehingga membentuk jaringan untuk menyalurkan
beragam layanan aplikasi telematika.
b. Layanan Jaringan Telematika adalah kegiatan
penyediaan konektivitas dasar dan bandwidth yang mendukung beragam aplikasi dan
memungkinkan komunikasi antar jaringan.
c. Penyelenggaraan Layanan Aplikasi
Telematika adalah kegiatan penyediaan layanan aplikasi telematika yang terdiri
dari aplikasi pendukung kegiatan bisnis (aplikasi server untuk e-commerce,
teleponi, PaaS, dsb.) dan aplikasi penyebaran konten (aplikasi server untuk
web-TV, IPTV, VoD, musik, dsb.) dan informasi (aplikasi server untuk portal, koran
online, e-magazine, dsb.)
Courtesy
based from:
-
Google Image
Tidak ada komentar:
Posting Komentar