Implikasi Terhadap Sistem Komunikasi Organisasi.
Kepemimpinan berarti melibatkan orang atau pihak lain yaitu
para karyawan atau bawahan,para karyawan harus memiliki kemauan untuk menerima
arahan dari pemimpin Seorang pemimpin yang efektif adalah seseorang dengan
kekuasaanya mampu menggugah pengikutnya untuk mencapai kinerja yang memuaskan.
Kekuasaan itu dapat bersumber dari : hadiah.hukuman,otoritas dan charisma.
Pemimpin harus memiliki kejujuran terhadap diri sendiri,sikap bertanggung jawab
yang tulus, pengetahuan dan keberanian bertindak sesuai dengan keyakinan pada
diri sendiri dan orang lain dalam membangun organisasi.
Dalam teori manajerial grid terdapat dua orientasi yang
dijadikan ukuran yaitu berfokus pada manusia dan pada tugas. Hal ini
menunjukkan bahwa pentingnya hubungan antar individu dalam menyelesaikan tugas
yang diberikan kepada bawahan. Sebagai seorang pemimpin, bertugas memberikan
arahan serta bimbingan terhadap bawahannya, sehingga mereka dapat mengerjakan
pekerjaannya dengan baik. Implikasi teori ini terhadap system komunikasi
organisasi adalah bahwa teori ini memandang pentingnya komunikasi dalam
menjalankan kepemimpinan dengan lima gaya yang berbeda dari para pemimpin.
Adanya orientasi terhadap dua aspek tersebut menunjukkan bahwa kepemimpinan
dalam organisasi harus memperhatikan hubungan antar individu satu dengan
lainnya sebagai motivasi dalam mengerjakan tugas. Pemimpin yang baik adalah
pemimpin yang mampu terjun diberbagai kalangan baik itu dengan para pimpinan
lainnya, maupun dengan bawahan sebagai asset berharga organisasi. Semua ini
terjalin apbila pemimpin tersebut memiliki pendekatan perilaku yang baik. Hal
ini membutuhkan komunikasi yang efektif.
Courtesy Based From :
Courtesy Based From :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar